Empat Ekor Paus Terdampar di Pantai Nyanyi Bali

Start Sharing Not Selling
Date
Label

Empat ekor paus jenis pemandu sirip pendek (short-finned pilot whale) ditemukan terdampar di Pantai Nyanyi, Kabupaten Tabanan, Bali. Diduga hewan mamalia itu terdampar akibat tersangkut jaring nelayan.

Keempat ekor paus yang masuk dalam genus Globicephala itu diketahui terdampar Sabtu pagi sekitar pukul 06.00 Wita, Sabtu (28/11/2009). Saat ditemukan, keempat paus itu masih hidup.

"Namun rata-rata kondisinya sudah lemah," ujar Wayan Sudiana, nelayan setempat yang pertama kali menemukannya.

Peristiwa langka itu pun menjadi tontonan menarik bagi warga setempat dan warga dari luar daerah. Mereka dan para nelayan setempat juga berusaha menarik paus-paus itu ke tengah laut dengan peralatan seadanya. Namun karena kondisinya sudah sangat lemah, paus-paus itu kembali terbawa arus menuju tepi.

Dari hasil identifikasi petugas, keempat ekor paus memiliki panjang rata-rata mencapai dua meter dengan bobot 500 kg. Sedangkan diameternya masing-masing sekitar 40 sentimeter.

"Kami masih berusaha mengembalikan paus-paus itu ke laut lepas," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bali Gusti Putu Nuriatha usai berkunjung ke lokasi.

Nuriatha mengatakan, keempat paus itu terdampar diduga akibat tersangkut jarring nelayan saat bergerak di laut lepas. Ini dikuatkan oleh ditemukannya sejumlah luka goresan di tubuh paus-paus itu.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak mengambil ataupun mengkonsumsi jika paus itu sampai tidak terselamatkan. Menurutnya, kejadian seperti ini sering terjadi di wilayah perairan Bali dan bahkan hampir menjadi fenomana tahunan.

Sumber : okezone



Related Posts



1 Comment:

coz mengatakan...

waduh kasian.. ikan paus itu ..

Posting Komentar