Ikan Termahal 1.6 Milyar!!

Start Sharing Not Selling
Date
Label
Ini kisah tak lazim. Seekor ikan tuna hasil tangkapan berhasil menembus harga tertinggi dalam pelelangan pasar ikan terbesar Tsukiji di Tokyo, Jepang. Ikan yang dijual dengan harga US$ 174 ribu itu diklaim sebagai ikan termahal di dunia.

Penggemar tuna di Jepang dikejutkan hasil penjualan seekor ikan tuna dengan kualitas terbaik yang berhasil menembus harga pasaran ikan dunia. Ikan dengan harga 20,2 juta yen atau setara dengan US$ 174 ribu. Selain menciptakan rekor harga tertinggi dalam perdagangan ikan, hasil penjualan itu diharapkan dapat menyaingi kualitas produk negara-negara pengimpor lainnya.

Galibnya setiap awal tahun, tempat yang ramai dikunjungi di Jepang adalah pasar ikan. Misalnya seperti yang terjadi di pasar pelelangan ikan Tsukiji. Sebagian besar produsen makanan laut berbondong-bondong memburu pelelangan berbagai hewan laut. Setiap tahun pula, Pasar Ikan Tsukiji ini menyediakan lebih dari 60 ton bahan makanan laut dengan total penjualan mencapai miliaran dolar Amerika Serikat. Dari berbagai jenis hasil laut, ikan tuna memang menjadi favorit warga Jepang. Bahkan permintaan produk tuna pun setiap terus meningkat setiap tahun.


Tuna adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies dari famili Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang handal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging ikan ini berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin dari pada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru (bluefin tuna), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

English Version : 

An enormous Bluefin tuna -- a fish prized as sushi -- sold for a record $173,600 Friday in the first auction of the year at Tokyo's main fish market.

At $391 a pound (P 43,010 per kilo), the 444-pound fish was the most expensive auctioned off at the Tsukiji Central Fish Market in years. In 1996, a 250-pound Bluefin fetched $44,100.

Called honmaguro in Japanese, Bluefin tuna is popularly served raw as sashimi or sushi in restaurants where a plate of slices can command a bill of more than $100.

Both fish were caught in the Pacific Ocean off Aomori Prefecture in northern Japan, an area known for the quality of its tuna.

"It's kind of like a brand name," market official Takashi Yoshida said.

Yoshida declined to identify the buyer, but speculated that he may have been willing to pay a premium because the fish auctioned Friday was the first catch put on the block this year.

Tsukiji is the largest of Tokyo's 11 wholesale fish markets, handling about 90 percent of the seafood that ends up on the city's tables.


Related Posts



0 Comment:

Posting Komentar