Fosil Hewan Purba Asal Blora Dijual Rp1 Juta

Start Sharing Not Selling
Date
Label

Di tengah-tengah penelitian dan penemuan fosil purbakala di area menden Kecamatan Kradenan Blora  Jawa Tengah, praktik penjualan fosil purbakala secara ilegal pun marak dilakukan oleh warga.

Fosil berbagai hewan purbakala yang ditemukan warga di beberapa titik lokasi yang ada di Kecamatan Kradenan dihargai Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta kepada sejumlah agen yang datang baik dari Surabaya maupun dari sejumlah kota besar lain di pulau Jawa.

Aksi penjualan tersebut terungkap saat tim penggali dan peneliti fosil veterbrata dari museum geologi yang bekerja di bawah Badan Geologi Bandung turun ke warga dan hendak mengamankan dua temuan fosil hewan raksasa berupa fosil kerbau purba dan banteng purba.

Seketika itu warga meminta imbalan kepada pihak Badan Geologi sebesar Rp500 ribu rupiah per fosil yang dilindungi undang-undang ini untuk diteliti dan disimpan di meseum milik negara.

Ketua Tim Vertebrata Museum Geologi Bandung Prof Fachroel Aziz sangat menyayangkan praktik jual beli fosil purbakala ini. menurutnya kondisi semacam ini terjadi dalam masyarakat akibat kurangnya sosialisasi dari pemerintah daerah setempat.

"Ini karena masyarakat kurang sadar," kata Fachroel, Senin (7/12/2009).

Pihak tim vertebrata museum Geologi Bandung mensinyalir sejumlah fosil temuan warga sudah ada yang membeli dengan harga tinggi. Mereka pun menyayangkan pasifnya tindakan hukum aparat setempat dalam melindungi benda purbakala milik negara. okezone



Related Posts



1 Comment:

portal jual beli dan toko online gratis mengatakan...

entah gila, entah romantis

Posting Komentar