Nuklir Iran Diluncurkan Maret 2010.

Start Sharing Not Selling
Date
Label

Rusia merencanakan untuk memulai pembangkit tenaga nuklir pertama Iran pada Maret 2010. Sejumlah sumber menyatakan, Rusia telah memerintahkan agar fasilitas tersebut siap untuk operasi pada hari besar yang jatuh pada paruh kedua Maret itu.

"Kami telah diberi tugas untuk meluncurkan pembangkit itu pada Tahun Baru Iran," kata salah seorang sumber. "Masih ada banyak pekerjaan untuk dilakukan."

Sumber kedua menambahkan, bahwa pengujian di fasilitas itu berjalan baik.
Beberapa diplomat mengatakan Rusia menggunakan Bushehr -- dan kontrak senjata yang besar -- sebagai pengungkit dalam hubungan dengan Iran.

AS sebelumnya telah mengkritik keterlibatan Rusia dalam proyek itu. Namun mereka kemudian menghentikan penentangannya dengan menyatakan, fasilitas tersebut akan menghilangkan kebutuhan pada Iran untuk memiliki program pengayaannya sendiri.
  
Rusia menjelaskan fasilitas nuklir itu murni sipil dan tidak dapat digunakan untuk program senjata karena fasilitas itu akan mendapat pengawasan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA). Iran akan mengembalikan semua rod bahan bakar yang tersisa ke Rusia.

Iran menentang tekanan internasional untuk menghilangkan kecemasan karena program nuklirnya. Minggu lalu, Presiden Mahmoud Ahamdinejad menegaskan mereka akan membangun 10 fasilitas pengayaan uranium baru.

Tindakan itu dikecam oleh AS sebagai upaya untuk mengucilkan diri sendiri dan Washington memperingatkan bahwa waktu hampir habis bagi Iran untuk menanggapi keprihatinan Barat soal fasilitas nuklirnya.

Rusia sejauh ini menolak untuk mendukung secara terbuka permintaan oleh AS akan ancaman sanksi terhadap Iran menyangkut program nuklirnya.

Moskwa setuju untuk membangun reaktor Bushehr pada 1995 di tempat fasilitas yang dimulai pada 1970-an oleh perusahaan Jerman Siemens. Proyek itu terganggu oleh revolusi Islam 1979 di Iran dan perang Iran-Irak pada 1989-88. Kontrak untuk membangun fasilitas itu merupakan rahasia negara, meskipun kontrak itu diperkirakan bernilai sekitar 1 miliar dolar.



Related Posts



0 Comment:

Posting Komentar