Virus Yahoo dan Google Lewat Messenger

Start Sharing Not Selling
Date
Label

Masih ingat aksi film MacGyver, yang sering membuat alat canggih meski hanya bermodalkan peralatan sederhana. Ini pula rasanya yang terjadi dengan virus Yahoo Messenger, walau diracik dengan bahasa pemrograman (VB Script) yang dipandang sebelah mata namun menjadi virus yang mematikan.

Dijelaskan Adang Jauhar Taufik, analis virus dari Vaksincom, virus ini secara generik dikenal dengan nama W32/VBTroj.CEPA dan secara de Facto menjadi virus yang paling ganas dan paling banyak mengganggu di awal tahun 2010.

Virus ini mampu melakukan banyak sekali hal seperti menginstal rootkit, memblok akses jaringan dan memanipulasi file hosts Windows supaya bisa melakukan pemblokiran akses ke situs-situs sekuriti pada komputer korbannya.

"Dan canggihnya lagi, file hosts tersebut dienkrip untuk menghindari deteksi dan perbaikan oleh program antivirus.

Virus ini, lanjutnya, juga akan melakukan blok akses ke beberapa situs sekuriti atau situs lain yang telah ditentukan dengan cara mengalihkan ke nomor IP 209.85.225.99 yang merupakan ip publik www.google.com, hal ini secara tidak langsung sebenarnya menyebabkan Ddos terhadap situs Google.com.

"Apakah ada hubungan atau tidak dengan serangan terhadap Google di China yang mengakibatkan Google mempertimbangkan untuk hengkang? kita lihat saja. Yang jelas, makin banyak komputer yang terinfeksi oleh virus ini, maka akses (yang secara tidak langsung menyebabkan Ddos) terhadap situs awal Google akan makin tinggi," ujarnya.

Sehingga setiap kali user mencoba untuk akses ke website tertentu termasuk website security / antivirus, maka yang muncul adalah situs www.google.com.

Virus ini menyebar sangat cepat dengan memanfaatkan media chatting yang umum digunakan oleh user seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger dan Skype dengan cara mengirimkan sebuah pesan dan melampirkan link untuk download sebuah file yang direkayasa seolah-olah file gambar (JPG) tetapi sebenarnya merupakan file virus yang sudah dikompres dengan ukuran yang berdeda-beda tegantung pada varian yang menginfeksi komputer tersebut. Adapun file yang dikompres tersebut mempunyai ekstensi exe.

Jika menerima pesan tersebut sebaiknya jangan Anda terima apalagi menjalankan file yang disertakan walaupun dari kontak Messenger teman yang Anda kenal, memang bukan teman anda yang mengirimkan virus tetapi virus yang menginfeksi komputernya dan memanfaatkan rekening Messengernya.

Salah satu hal yang menyebabkan virus ini sukses menyebar selain menggunakan media yang disebutkan di atas, ia juga akan melakukan update untuk memperbaharui dirinya hal inilah yang menyebabkan scaner antivirus tidak dapat mendeteksi virus tersebut.

Virus ini semakin kuat bercokol dengan bantuan sebuah file rootkit yang bertugas untuk melindungi file induk yang aktif di memori, sehingga pembersihan yang dilakukan melalui windows Normal, Safe Mode atau safe Mode With Command Prompt terkadang tidak dapat menyelesaikan masalah.

Semoga saja virus ini tidak menyerang nowgoogle.com mutiple search engine.Source detiknews



Related Posts



4 Comment:

Nova Imoet mengatakan...

namanya virus tetap berbahaya..
pinter juga ya yang buat virus.....

daniarwannabetough mengatakan...

saya sudah kena!!! omigosh.ini sangat menganggu. ada ide bagaimana cara menghilangkannya? >.<

Trik Gratisan mengatakan...

saya juga sempet kena gan hikshikshiks
gan mampir ke artikel aq juga y makasih

"EXLUSIVE FOTO FOTO GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA YANG BELUM PERNAH ANDA KETAHUI SEBELUMNYA"

Belajar IT mengatakan...

Komputer kantor saya pernah kena virus ini, saya scan pke pcmav kedetek sech..tp tetep aja windowsnya dah terserang. akhirnya d install ulang dech..

Posting Komentar